Breaking News

Warga Desa di Kabupaten Kayong Utara Masih Banyak BAB Sembarangan

Sambangdesa.com / Kayong Utara - Sebanyak 37 desa di Kabupaten Kayong Utara (KKU) masih menghadapi masalah sanitasi yang buruk, dengan warga yang masih buang air besar (BAB) sembarangan.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan dan KB Kayong Utara, dari total 43 desa, hanya enam desa yang sudah mencapai status Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan.

Kepala Dinas Kesehatan dan KB Kabupaten Kayong Utara, Maria Fransisca, menyatakan bahwa perilaku buang air besar sembarangan merupakan penyebab utama tingginya angka kecacingan. Selain itu, penyakit infeksi seperti TBC juga muncul akibat kurangnya kebiasaan hidup bersih dan sehat di masyarakat.

“Penting untuk mengedukasi masyarakat tentang perilaku hidup bersih dan sehat,” ujar Fransisca di Kayong Utara, Kamis (11/7/2024).

Untuk mengatasi masalah ini, Pemerintah KKU berkomitmen mendorong implementasi Strategi Sanitasi Kabupaten (SSK) dalam Program Percepatan Sanitasi Permukiman (PPSP).

Penjabat (Pj) Bupati Kayong Utara, Alfian, menekankan pentingnya kolaborasi antarpihak terkait untuk mewujudkan KKU yang bersih dan sehat.

“Saya terus mendukung langkah-langkah baik ini ke depan,” kata Alfian.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close