Breaking News

PBB Prediksi Tahun 2080 Populasi Dunia Mencapai 10 Milyar Lebih

PBB Prediksi Tahun 2080 Populasi Dunia Mencapai 10 Milyar Lebih
Sambangdesa.com - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memproyeksikan bahwa populasi dunia akan mencapai puncaknya pada pertengahan 2080 dengan jumlah total 10,3 miliar orang. Setelah itu, jumlah penduduk diperkirakan akan menurun secara bertahap hingga mencapai angka yang lebih rendah dari perkiraan sebelumnya.

Saat ini, populasi dunia mencapai 8,2 miliar orang dan diperkirakan akan meningkat hingga mencapai puncaknya dalam 60 tahun ke depan. Setelah mencapai puncak, jumlah populasi diharapkan turun menjadi 10,2 miliar pada akhir abad ini.

Dalam laporan berjudul "Prospek Populasi Dunia 2024" yang dirilis pada Kamis (11/7), PBB menyebutkan bahwa populasi dunia pada tahun 2100 akan berkurang enam persen atau sekitar 700 juta orang dibandingkan dengan perkiraan pada Juni 2013.

"Lanskap demografis telah berubah dengan cepat dalam beberapa tahun terakhir," kata Li Junhua, Wakil Sekretaris Jenderal PBB untuk Urusan Ekonomi dan Sosial.

Junhua menjelaskan bahwa puncak populasi yang tidak terduga ini disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk tingkat kesuburan yang lebih rendah di beberapa negara terbesar di dunia, khususnya China.

Selain itu, puncak populasi yang lebih rendah ini juga diperkirakan akan terjadi lebih awal dari perkiraan sebelumnya.

Di sisi lain, penurunan jumlah penduduk ini dianggap positif karena dapat mengurangi tekanan terhadap lingkungan hidup di tengah perjuangan melawan pemanasan global.

"Namun, pertumbuhan populasi yang lebih lambat tidak menghilangkan kebutuhan untuk mengurangi dampak rata-rata yang disebabkan oleh aktivitas setiap orang," tambah Junhua.

Laporan tersebut juga mencatat bahwa saat ini lebih dari seperempat populasi dunia, atau sekitar 28 persen, tinggal di salah satu dari 63 negara atau wilayah yang populasinya telah mencapai puncaknya, termasuk China, Rusia, Jepang, dan Jerman.

Dalam 30 tahun mendatang, hampir 50 negara lain, termasuk Brasil, Iran, dan Turki, akan bergabung dengan kelompok tersebut.

Namun, lebih dari 120 negara, termasuk India, Indonesia, Nigeria, Pakistan, dan Amerika Serikat, diperkirakan akan terus mengalami pertumbuhan populasi setelah tahun 2054.

Harapan hidup global, yang sempat terganggu akibat pandemi Covid-19, telah kembali meningkat dengan rata-rata usia harapan hidup mencapai 73,3 tahun pada 2024. Angka ini diperkirakan akan naik menjadi 77,4 tahun pada 2054, sehingga populasi dunia akan semakin menua.

Pada akhir 2070-an, jumlah orang berusia 65 tahun ke atas diproyeksikan mencapai 2,2 miliar, melampaui jumlah mereka yang berusia di bawah 18 tahun.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close