Breaking News

Desa Krebet Sang Penghasil Batik Kayu nan Memukau

Desa Krebet Sang Penghasil Batik Kayu nan Memukau
Sambangdesa.com / Bantul - Desa Wisata Krebet, Kecamatan Pajangan, Bantul telah lama terkenal dengan produk kerajinan uniknya, yaitu batik kayu. Seni batik yang menggunakan pewarna alami ini diaplikasikan pada kayu, menghasilkan karya seni memukau seperti topeng yang menjadi daya tarik utama desa ini.

Produk batik kayu dari Desa Krebet bahkan telah dikenal di seluruh dunia dan menjadi suvenir resmi dalam berbagai acara internasional seperti G20 sejak tahun 2021.

"Pada tahun 2021, produk ekonomi kreatif berupa batik kayu sudah menjadi suvenir resmi untuk acara-acara internasional yang diselenggarakan pemerintah seperti G20 dan lainnya," kata Sandiaga Uno dalam rilisnya kepada media, Sabtu (20/7/2024).

Selain batik kayu, desa ini menawarkan berbagai atraksi alam dan buatan. Di antaranya adalah Air Terjun Jurang Pulosari dan Sendang Tirta Waluya, sebuah mata air tua yang memiliki nilai sejarah.

Desa ini juga kaya akan seni dan budaya dengan berbagai pertunjukan tradisional seperti Jathilan Tradisional Sri Mudha Budaya, Gajog Lesung, Merti Dusun Krebet, dan pagelaran wayang kulit.

Sandiaga berharap Desa Wisata Krebet dapat mengikuti jejak Desa Nglanggeran yang telah menjadi salah satu desa wisata terbaik dunia.

Dalam kunjungannya, Sandiaga menyoroti pengembangan pariwisata di Desa Krebet yang kini mencakup wisata alam dan buatan, serta inisiatif pariwisata hijau seperti bank sampah.

"Semoga Desa Wisata Krebet bisa menyusul Desa Wisata Nglanggeran di Gunungkidul yang sudah lebih dulu menjadi desa wisata terbaik dunia," ujar dia.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close