Breaking News

Ancam Keselamatan Lingkungan, Warga Desa Bodi Resah Dengan Aktivitas Tambang

Ancam Keselamatan Lingkungan, Warga Desa Bodi Resah Dengan Aktivitas Tambang
Sambangdesa.com / Buol - Aktivitas tambang emas ilegal di kawasan hutan lindung Desa Bodi, Kecamatan Paleleh Barat, Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah, kini mulai mendapat perhatian publik. Kehadiran alat berat yang melintas di pemukiman warga telah menimbulkan keresahan di kalangan penduduk.

"Beberapa hari terakhir, sudah terlihat beberapa alat berat menuju kawasan hutan lindung di bagian atas desa, yang biasa disebut daerah durian," ujar Mohamad Appang, salah satu warga Desa Bodi, pada Minggu (21/7/2024).

Ia menjelaskan bahwa aktivitas tambang yang diduga didanai oleh Warga Negara Asing (WNA) tersebut telah berlangsung selama sekitar satu minggu. Aktivitas ini kini mulai menimbulkan kekhawatiran di kalangan penduduk setempat.

Menurutnya, ia sudah melaporkan hal ini kepada aparat desa, namun pihak desa juga tidak mengetahui siapa pemilik lahan tersebut.

"Ini menimbulkan tanda tanya besar, karena mustahil izin tambang diterbitkan untuk kawasan hutan lindung," tambahnya.

Lebih lanjut, data yang diperoleh menunjukkan bahwa kawasan tambang emas ilegal tersebut diduga milik saudari RS, seorang warga Desa Buol. RS diketahui adalah orang kepercayaan dari WNA yang menyediakan dana untuk kegiatan di lokasi tersebut.

Hingga kini, Polres Buol belum memberikan respons resmi mengenai aktivitas tambang emas ilegal ini. Namun, warga berharap kepolisian segera mengambil tindakan terhadap tambang emas ilegal yang beroperasi di hutan lindung, karena situasi ini semakin meresahkan mereka.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close