Breaking News

BUMDesa Bumi Pacellekang Sejahtera, Sukses Budidaya Lobster Air Tawar

BUMDesa Bumi Pacellekang Sejahtera, Sukses Budidaya Lobster Air Tawar
Sambangdesa.com / Gowa - Desa Pacellekang, yang terletak di Kecamatan Pattallasang, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), diberkahi dengan wilayah yang subur dan luas. Sektor pertanian dan perikanan telah menjadi sumber penghidupan utama bagi penduduk desa, menjadi kunci bagi mereka untuk merasakan kesejahteraan.

Alauddin Ewa, Kepala Unit Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bumi Pacellekang Sejahtera, menjelaskan bahwa dengan pengetahuan dan kearifan lokal di bidang pertanian, penduduk desa telah berhasil mengembangkan sejumlah komoditas pangan seperti singkong, jagung, pisang, dan palawija.

Selain itu, budidaya komoditas air tawar, seperti lobster air tawar, juga menjadi sorotan dalam meningkatkan perekonomian rumah tangga di Desa Pacellekang. Budidaya lobster air tawar dilakukan oleh BUMDes Bumi Paccellekeng Sejahtera.

"Kami mulai mendirikan unit usaha budidaya lobster air tawar sejak Desember 2021. Hingga saat ini, bisnis lobster tetap berjalan dengan baik dan mampu membiayai operasional BUMDes Bumi Pacellekang Sejahtera," ungkap Alauddin pada Sabtu (16/3/2024).

Alauddin melanjutkan bahwa budidaya tersebut dimulai dengan pengadaan 150 ekor induk lobster yang siap untuk dipijahkan. Setiap induk mampu menghasilkan 200-300 ekor anak lobster setiap tiga bulan. Pada bulan September 2022, mereka berhasil memanen sebanyak 3.000 ekor induk lobster. Setiap induk lobster dijual kembali kepada pembudidaya dengan harga Rp 10.000 per ekor.

"Awalnya, kami fokus pada pasar konsumsi lobster. Namun, karena meningkatnya permintaan akan induk lobster, kami juga mulai memproduksi induk lobster dengan melibatkan masyarakat desa sebagai mitra pembudidaya," jelasnya.

Alauddin menambahkan bahwa BUMDes Bumi Pacellekang Sejahtera membina minimal 35 kelompok masyarakat dalam budidaya lobster air tawar. Mereka juga menjalin kemitraan dan memberikan pendampingan kepada pembudidaya lobster air tawar di Kota Parepare dan Kabupaten Pinrang.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close