Breaking News

Keren, BUMDES Kertojoyo Sengguruh Rakit Motor Listrik

 

Keren, BUMDES Kertojoyo Sengguruh Rakit Motor Listrik
Sambangdesa.com / Malang - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kertojoyo, yang terletak di Desa Sengguruh, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, kini tengah mewujudkan upaya perakitan sepeda motor listrik. Kolaborasi yang menginspirasi ini berkat kemitraan dengan PT Surya Tekno Mandiri Solo.

Selain menggarap sepeda motor listrik, BUMDes Kertojoyo juga memusatkan perhatian pada perakitan serta penjualan perangkat elektronik. Mulai dari laptop, smart TV, interactive intelligent panel, hingga komputer.

Suliyanto, yang juga menjabat sebagai Manajer PT Lembaga Keuangan Masyarakat (LKM) Bank Desa Sengguruh, menjelaskan bahwa kehadiran unit usaha baru ini bertujuan untuk menggenjot penerimaan asli desa.

Usaha ini tak hanya menciptakan peluang kerja bagi para pemuda desa yang memiliki bakat dalam sektor usaha baru ini. "Kami berharap kehadiran unit usaha baru ini dapat memberikan lapangan pekerjaan kepada lulusan SMK di desa," ujar Suliyanto saat berada di Galery BUMDes Kertojoyo pada hari Senin (4/9/2023).

Suliyanto mengakui bahwa perakitan perangkat elektronik dan sepeda motor listrik ini mungkin berjalan dengan sukses berkat kerjasama dengan PT Surya Tekno Mandiri Solo, dengan produk bernama Estima Joyo.

"Kami menjalin kemitraan dengan Estima atau PT Surya Tekno Mandiri Solo. Kami memperoleh bahan baku dari sana dan bertugas merakit serta menjualnya," ungkapnya.

Motor listrik Estima Joyo dihargai sekitar Rp 12 juta. Kecepatan maksimum motor ini adalah 45 km/jam. Suliyanto juga mengungkapkan bahwa mereka berencana menyediakan berbagai varian motor listrik dengan harga berkisar antara Rp 4 juta hingga Rp 5 juta.

"Kami berencana untuk merakit motor listrik dengan harga yang lebih terjangkau daripada Rp 12 juta," tambahnya.

Sementara itu, untuk interactive intelligent panel, mereka menjualnya dengan harga Rp 57,5 juta. Suliyanto menjelaskan bahwa TV digital berukuran 75 inci ini memiliki berbagai fungsi, termasuk untuk pembelajaran tatap muka dan presentasi.

"Panel intelligent interactive ini akan kami perkenalkan ke perkantoran dan instansi karena memiliki manfaat besar dalam fasilitas presentasi," tutup Suliyanto.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close