Breaking News

Goa Jambu: Anugerah Alam Baru dari Alam di Kabupaten Pacitan yang Menguji Adrenalin

 

Goa Jambu: Anugerah Alam Baru dari Alam di Kabupaten Pacitan yang Menguji Adrenalin
Sambangdesa.com / Pacitan - Karena banyaknya gua-gua menakjubkan dan eksotik yang tersebar di seluruh wilayahnya, Kabupaten Pacitan, salah satu wilayah di Jawa Timur, terkenal dengan julukan “Kota Seribu Satu Goa”. Goa Jambu adalah salah satunya.

Gua misterius yang menguji adrenalin ini ditemukan pada tahun 2020, menyusul kesuksesan Goa Gong dengan keindahan stalaktitnya dan kekhasan Gua Tabuhan. Gua Jambu adalah nama tempatnya.

Gua Jambu terletak di Dusun Jambu, Desa Ngadirejan, dan Kecamatan Pringkuku. Goa Luweng Ombo adalah nama awal yang diberikan kepada gua ini oleh penduduk setempat.

Pengunjung gua ini harus memaksakan diri untuk turun hingga kedalaman sekitar 30 meter agar bisa mencapai mulut goa. Pengunjung kemudian akan menemukan ruang gua yang berorientasi horizontal setelah itu.

Meskipun Goa Jambu memiliki hampir semua karakteristik gua karst yang sama dengan gua-gua Pacitan lainnya, namun yang membedakannya adalah pengunjung harus melakukan petualangan untuk melihat stalaktit dan stalagmit yang menakjubkan di sana. Jalur goa yang relatif panjang mengharuskan pengunjung berjalan melewati beberapa genangan air.

Bagi Anda yang tertarik untuk menjelajahinya, Goa Jambu belum bisa diakses secara umum karena minimnya fasilitas yang diperlukan. Sejak tahun 2021, sudah ada rencana pengembangan gua ini menjadi objek wisata yang aman dan menyenangkan.

Meski baru, Untuk memudahkan identifikasi, gua ini diberi nama “Jambu”. Goa ini berjarak 10 kilometer berkendara dari Kota Pacitan meskipun masih baru.

Goa Jambu berpotensi berkembang menjadi destinasi wisata baru bagi pengunjung dalam dan luar negeri yang ingin menikmati kesulitan dan keindahan pemandangan Kabupaten Pacitan.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close