Breaking News

Desa Teotihuacan yang Hilang di Pekuburan Meksiko Ditemukan Arkeolog

 

Desa Teotihuacan yang Hilang di Pekuburan Meksiko Ditemukan Arkeolog
Sambangdesa.com / Meksiko - Para arkeolog telah berhasil menemukan sisa-sisa desa Teotihuacan yang hilang di Meksiko, yang diyakini merupakan pemukiman komunitas pekerja dan pengrajin antara tahun 450 hingga 650 Masehi. Temuan ini mengungkapkan bahwa lebih dari 1.300 tahun yang lalu, pulau-pulau kecil di Danau Texcoco, tempat Kota Meksiko berdiri sekarang, telah mendukung populasi permanen yang menggunakan sumber daya danau.

Temuan ini menjadi kejutan bagi komunitas arkeolog. Desa yang baru digali ini mencerminkan fenomena perpindahan masyarakat dari perkotaan ke wilayah pedesaan yang dikenal sebagai ruralisasi.

Desa ini terletak sekitar 25 mil (40 km) di barat daya Teotihuacan, kota kuno yang berkembang di wilayah tengah Meksiko antara tahun 100 hingga 650 Masehi. Desa ini kemungkinan merupakan salah satu dari beberapa permukiman yang mempertahankan kemandiriannya melalui pertanian dan penangkapan ikan. Namun, desa ini juga menjaga hubungan komersial dengan Teotihuacan dan memainkan peran penting dalam pasokan kota tersebut.

Arkeolog Francisco Gonzalez Rul pertama kali menemukan petunjuk tentang desa ini pada tahun 1960-an saat melakukan pekerjaan konstruksi di ibu kota Meksiko. Penggalian yang dilakukan belakangan ini menghasilkan temuan berupa struktur arsitektur yang belum terlihat sebelumnya, termasuk lubang tiang, lantai, saluran, dan sumur artesis. Tiga pemakaman manusia yang berisi kerangka dua orang dewasa dan seorang anak juga ditemukan.

Keramik yang ditemukan dalam penggalian ini dapat digunakan untuk menentukan usia desa dan penghuninya. Keramik-kramik ini menggambarkan teknik seni dan kerajinan yang digunakan oleh masyarakat Teotihuacan pada masa itu. Mereka adalah seniman dan pengrajin yang berbakat, menggunakan teknik lukisan dinding dan fresco pada bejana keramik untuk menghias rumah dan kuil.

Saat ini, para arkeolog sedang menganalisis bahan-bahan dan tulang belulang yang ditemukan dalam penggalian. Meskipun sebagian besar arsitektur Teotihuacan masih terkubur, situs ini sebagian besar tidak terpengaruh oleh konstruksi modern dan diharapkan akan terus digali untuk mengungkap lebih banyak tentang sejarah dan budaya masa lalu.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close