Breaking News

Hujan Lebat Sebabkan Longsor di India, Puluhan Orang Harus Dievakuasi

 

Hujan Lebat Sebabkan Longsor di India, Puluhan Orang Harus Dievakuasi
Sambangdesa.com / India - India kembali mengalami bencana tanah longsor, yang menyebabkan sejumlah orang menjadi korban.

"Setidaknya lima orang tewas dan banyak lainnya dikhawatirkan terkubur ketika tanah longsor terjadi di sebuah desa pegunungan di negara bagian Maharashtra, India barat, setelah hujan deras mengguyur wilayah tersebut," kata pejabat negara pada Kamis, 20 Juli 2023.

Longsor terjadi pada tengah malam di dusun pegunungan Irshalwadi, sekitar 60 km dari Mumbai, demikian dilaporkan oleh media setempat yang mengutip pejabat terkait.

"Sekitar 48 keluarga tinggal di desa tersebut. Sekitar 75 orang telah dievakuasi dan lima orang tewas sejauh ini," ungkap wakil menteri negara bagian Maharashtra, Devendra Fadnavis, melalui akun Twitter-nya.

Laporan awal menyatakan bahwa sekitar 100 orang dikhawatirkan terjebak di bawah reruntuhan dan tim penyelamat berjuang keras di tengah hujan lebat untuk menemukan korban yang selamat, sementara kerabat korban menunggu dengan harapan kabar baik di kaki gunung.

"Salah satu masalah yang dihadapi adalah bahwa di beberapa tempat, reruntuhan mencapai ketinggian hampir 6 hingga 9 meter dan harus dihapus secara manual," ujar seorang petugas penyelamat yang tidak disebutkan namanya kepada saluran berita ABP Majha.

Ketua Menteri Maharashtra, Eknath Shinde, yang berada di lokasi kejadian, mengatakan kepada wartawan bahwa sulit untuk memperkirakan jumlah pasti orang yang terjebak.

Hujan yang tak henti-hentinya telah menyebabkan sekolah tutup, banjir di jalan-jalan, dan mengganggu perjalanan kereta api di Maharashtra, negara bagian terkaya di India.

Pada Kamis, sekolah-sekolah dan perguruan tinggi di ibu kota keuangan, Mumbai, ditutup. Beberapa layanan kereta api juga dihentikan pada hari sebelumnya setelah hujan deras mengguyur kota.

Sejumlah distrik di negara bagian tersebut mencatat curah hujan lebih dari 100 mm pada hari Rabu, dan diperkirakan hujan deras akan berlanjut selama 24 jam ke depan menurut departemen cuaca.

Sekadar informasi tambahan, sebelumnya pada Senin, 10 Juli 2023, sebanyak 15 orang telah tewas dalam 24 jam terakhir akibat banjir dan tanah longsor di enam negara bagian India bagian utara, termasuk enam korban tewas di Himachal Pradesh akibat tanah longsor yang menyebabkan sekitar 700 jalan terblokir.

Bencana alam seperti banjir dan tanah longsor ini telah menimbulkan kematian dan kerusakan di banyak wilayah di India karena curah hujan monsun yang tinggi.

Perubahan iklim disinyalir membuat monsun menjadi lebih kuat dan tidak dapat diprediksi dengan pasti, sehingga mengakibatkan kondisi cuaca yang bervariasi dan seringkali ekstrem.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close