Breaking News

Desa Purwodadi Dinobatkan Sebagai Pelopor Desa Pencak Silat

Sambangdesa.com - Eko Prasetyanto Purnomo Putro, Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), telah mengukuhkan Desa Purwodadi, yang terletak di Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi, sebagai desa pencak silat.

Pengukuhan ini dilakukan oleh Dirjen Bina Pemdes Eko Prasetyanto selama melakukan pemantauan dan evaluasi pasca perlombaan desa dan kelurahan 2022 ke desa juara 1 tingkat regional Sumatera, yaitu Desa Purwodadi, Kamis (4/5/23)

Eko langsung disambut dengan pertunjukan seni bela diri pencak silat dari beberapa perguruan. Menurutnya, Desa Purwodadi merupakan pionir desa pencak silat di Sumatera bahkan di Indonesia.

Eko mengungkapkan harapannya agar Desa Purwodadi dapat diikuti oleh desa lain sebagai pelopor desa pencak silat di Indonesia.

Setelah pengukuhan, Eko mendorong Kepala Desa Purwodadi dan perguruan silat yang ada untuk melakukan musyawarah desa (Musdes) perihal keberlanjutan program ke depan. Eko juga menyarankan untuk berkomunikasi dan bersinergi dengan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) dan mendatangkan pengurus IPSI untuk memberikan masukan.

Kepala Desa Purwodadi, Jayus, merasa bersyukur atas pengukuhan tersebut dan berharap agar perguruan silat di Desa Purwodadi dapat bersinergi untuk menghasilkan prestasi terbaik.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close