Breaking News

China, Contoh Nyata dalam Mengatasi Kemiskinan

Foto: hanya ilustrasi saja hehe
Jakarta - "Kemiskinan itu merusak dan menjerumuskan manusia (pada kekufuran)," demikianlah adagium Arab berkata. Di saat penguasa-penguasa Arab berlomba membangun menara super tinggi serta monumen-monumen tanda kekayaan negeri dan kebesaran pemimpinnya, pemerintah China justru sibuk mengentaskan kemiskinan sampai ke pelosok-pelosok desa. 

Pemerintah China telah membuat rencana matang yang mampu mengubah nasib rakyatnya. Upaya memberantas kemiskinan telah dilakukan sejak lama dan sukses. Sepanjang jalan menuju 'nol' kemiskinan itu, mereka mengalami lika-liku penuh onak duri, rela berproses dalam luka derita. Dalam komunike yang diumumkan Sidang Komite Sentral Ke-18 Partai Komunis China (PKC), ada 5 gagasan sebagai skema umum pembangunan ekonomi yang sangat penting guna mewujudkan target perjuangan abad pertama, yaitu pembangunan masyarakat sejahtera di tahun 2020. 

Pengentasan kemiskinan adalah program prioritas. Program ini merupakan salah satu misi terpenting PKC. Selama 8 tahun, Presiden Xi Jinping tidak kurang dari 50 kali mengadakan inspeksi dan penelitian tentang masalah kemiskinan ke 14 daerah tertinggal. Penanggung jawab utama PKC di lebih dari 20 provinsi menandatangani surat tanggung jawab untuk pengentasan kemiskinan dengan pemerintah pusat.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close